Contoh Surat Resign Karyawan: 10 Surat Resign Terbaik

Ketika Anda memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan Anda saat ini, penting untuk menyiapkan surat pengunduran diri. Surat ini ditujukan kepada atasan Anda dan departemen HRD perusahaan sebagai pemberitahuan dan tanda bahwa Anda ingin keluar dari pekerjaan Anda. Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya saat ini, seperti menerima tawaran yang lebih baik dari perusahaan lain, merasa bahwa lingkungan kerjanya beracun, tidak bersemangat dengan pekerjaannya, tidak melihat adanya kesempatan untuk berkembang, atau memiliki waktu tempuh yang lama. Apapun alasannya, Anda perlu membuat surat pengunduran diri.
Ketika Anda mengundurkan diri, artinya Anda mengakhiri hubungan kerja dengan perusahaan. Akibatnya, hak dan kewajiban Anda akan berakhir. Karena menyangkut mobilitas perusahaan, surat pengunduran diri biasanya diajukan satu bulan sebelum keluar dari pekerjaan, atau disebut juga dengan istilah one month notice.
Surat pengunduran diri memiliki fungsi administratif untuk memberitahukan atasan dan departemen HRD bahwa Anda telah memutuskan untuk berhenti bekerja di perusahaan tersebut. Ketika surat pengunduran diri diberikan kepada atasan atau departemen HRD, ini menjadi pemberitahuan bahwa perusahaan harus segera mencari penggantinya. Karena perusahaan membutuhkan waktu untuk mencari penggantinya, maka surat pengunduran diri tidak bisa diserahkan secara mendadak. Hal ini juga penting untuk menjaga hubungan baik dengan perusahaan meskipun Anda sudah tidak bekerja di sana.
Surat pengunduran diri harus ditulis dengan baik dan sopan untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pekerja yang sangat profesional. Hal ini penting untuk menciptakan citra positif di tempat kerja Anda sebelumnya dan juga merupakan sikap yang perlu Anda miliki sebelum bergabung dengan perusahaan baru.
Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuat surat pengunduran diri:

The Top 5 most expensive stocks in the U.S.
  • Menulis Surat Pengunduran Diri
    Pastikan Anda meninggalkan kesan yang baik bagi perusahaan dengan menulis surat pengunduran diri yang baik dan sopan. Gunakan bahasa yang baik dan benar dalam menulis surat pengunduran diri sebelum menyerahkannya kepada atasan dan HRD.
  • Cari Waktu yang Tepat untuk Bertemu Atasan Anda
    Diskusikan niat Anda untuk mengundurkan diri dengan atasan secara baik-baik. Anda bisa melakukannya dengan mencari waktu yang tepat untuk bertemu dengan atasan Anda. Usahakan untuk mencari waktu di mana atasan Anda sedang tidak sibuk, sedang dalam suasana hati yang baik, atau sedang tidak ada janji meeting.
    Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuat janji melalui email atau telepon sebelumnya. Saat waktunya tepat, Anda bisa menjelaskan alasan Anda untuk mengundurkan diri kepada atasan.
  • Berikan Pemberitahuan Satu Bulan Sebelumnya
    Pemberitahuan satu bulan sebelumnya diperlukan agar perusahaan Anda sebelumnya dapat mencari dan mempekerjakan karyawan baru sehingga posisi yang Anda tinggalkan tidak kosong. Dengan cara ini, mobilitas perusahaan tetap bisa terjaga.
    Pengajuan pengunduran diri ini diatur oleh pemerintah melalui Undang-Undang Ketenagakerjaan. Aturan ini tertuang dalam Pasal 26 ayat 2 Keputusan Menteri Tenaga Kerja tentang syarat-syarat mengundurkan diri dari pekerjaan, yang berbunyi:
  • Pekerja atau buruh mengajukan permintaan pengunduran diri secara tertulis disertai alasannya selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal pengunduran diri:

    Pekerja atau karyawan tetap melaksanakan kewajibannya sampai dengan tanggal pengunduran diri

    Pekerja atau karyawan tidak terikat dalam suatu ikatan kerja.

    Mengacu pada peraturan pemerintah tersebut, disarankan untuk mengikuti aturan pemberitahuan satu bulan sebelum mengundurkan diri dari perusahaan sebelumnya.

    1. Periksa Kontrak Anda
      Sebelum mengundurkan diri, periksa kembali kontrak yang Anda tandatangani di awal kerja. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah ada denda yang harus dibayarkan jika Anda mengundurkan diri sebelum kontrak berakhir.
      Konsekuensi dari mengundurkan diri sebelum kontrak berakhir biasanya berupa gaji pengganti untuk periode tertentu atau sisa gaji selama masa kontrak.
    2. Periksa Kebijakan Pengunduran Diri
      Setiap perusahaan memiliki kebijakan pengunduran diri yang berbeda-beda, termasuk waktu pengunduran diri. Beberapa perusahaan memiliki aturan pemberitahuan dua bulan sebelum mengundurkan diri. Sebisa mungkin, berikan informasi jauh-jauh hari sebelum mengundurkan diri dari tempat kerja Anda.
    3. Delegasikan Pekerjaan Anda
      Jika Anda sudah mengetahui siapa yang akan menggantikan posisi Anda, sisihkan waktu untuk membantu orang tersebut mempelajari deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan. Hal ini jelas akan mempermudah proses transisi.
      Jika Anda tidak dapat memberikan panduan secara langsung, cobalah untuk membuat panduan alur kerja dan berikan informasi kontak yang dapat dihubungi ketika mereka memiliki pertanyaan. Memang tidak wajib, namun hal ini akan meninggalkan kesan yang baik dan profesional bagi partner kerja Anda.

    Jenis-jenis Surat Resign

    1. One Month Notice

    Di banyak perusahaan, surat pengunduran diri biasanya membutuhkan pemberitahuan satu bulan sebelum secara resmi meninggalkan perusahaan. Hal ini memberikan waktu yang cukup bagi perusahaan untuk mencari penggantinya. Sistem pemberitahuan satu bulan adalah standar umum untuk pengunduran diri.

    2. Two Weeks Notice

    Selain pemberitahuan satu bulan sebelumnya, pemberitahuan dua minggu sebelumnya juga diperlukan saat mengundurkan diri dari perusahaan. Pemberitahuan ini diberikan dua minggu sebelum pengunduran diri secara resmi.

    Pemberitahuan tersebut tampaknya memiliki jangka waktu yang lebih pendek daripada pemberitahuan standar satu bulan. Penting untuk memberikan penjelasan yang jelas dan rasional kepada atasan Anda saat ini jika Anda berniat untuk mengundurkan diri.

    Perhatikan Ini Sebelum Resign

    Hal yang Harus Dilakukan:

    • Menjaga komunikasi dengan mantan rekan kerja dari organisasi sebelumnya.
    • Pertahankan sikap profesional sampai Anda meninggalkan perusahaan sebelumnya.
    • Penghapusan file pribadi dari perangkat kerja.
    • Harap ingat untuk membawa barang-barang pribadi Anda dari tempat kerja Anda sebelumnya.

    Ini adalah daftar hal-hal yang harus dihindari.

    • Sebaiknya hindari membahas aspek negatif yang berkaitan dengan atasan Anda.
    • Penting untuk memberi tahu atasan Anda tentang rencana pengunduran diri Anda sebelumnya untuk menghindari miskomunikasi atau kesalahpahaman.
    • Menunda penyelesaian tugas yang tidak menguntungkan hingga hari terakhir bekerja dengan organisasi sebelumnya.
    • Artikel ini memberikan informasi mengenai format dan konten yang tepat untuk menulis surat pengunduran diri.
    • Nama kota dan tanggal
    • Berikut ini adalah nama dan alamat perusahaan.
    • Salam pembuka
    • Faktor-faktor yang dapat menyebabkan pengunduran diri.
    • Cantumkan tanggal pekerjaan terakhir Anda.
    • Mengungkapkan permintaan maaf dan rasa terima kasih.

    Trading with up to 90% profit
    Try now
    <span>Like</span>
    Share
    RELATED ARTICLES
    5 min
    7 things about Tesla Inc. you definitely didn’t know
    5 min
    What traders can learn from Nokia's ICT strategies
    5 min
    Microsoft innovative relay cycle (M-IRC): 5 lessons to learn
    5 min
    Top 5 largest private companies
    5 min
    Top 10 companies we should watch in 2023
    5 min
    What we know about SpaceX

    Open this page in another app?

    Cancel Open